0 Tanda Akhir Zaman

(Al Qur'an Tersebar Luas,Ahli Agama Tak Dihormati)
Nabi memprediksi suatu masq dimana AlQur'an akan mudah didapat,dibaca secara luas,tapi tidak diikuti.diriwayatkan Muadz bahwa Nabi saw. bersabda: "Akan muncul huru hara dimana kemudian sejumlah uang dikumpulkan dan AlQur'an pun dibuka dan ia dibaca baik oleh orang-orang beriman maupun oleh orang kafir,laki-laki maupun perempuan,tua maupun muda.seseorang akan membacanya dan berseru "Tidak ada yang mau!" Lalu ia duduk di dalan rumahnya dan membuat ruang tersendiri seperti masjid di dalam rumahnya.lalu ia akan mengada adakan hal baru dalam agama yang tidak ditemukan dalam Kitabullah atau sunnah Rosulullah.waspadalah terhadap bid'ah yang mereka buat,karena sesungguhnya hal tersebut akan menyesatkan kalian". (Hr.Muslim,Abu Dawud,Ad-Darimi).
Dalam hadits ini dan hadits2 lainya,Nabi saw. mengawali sabdanya debgan ungkapan "akan muncul huru hara dimana kemudian sejumlah besar uang dikumpulkan..." Kini sebenarnya kita sering menyaksikan ketidak jelasan semacam itu.Di tiap-tiap masjid kita menemukan orang2 merogoh
sakunya untuk pengumpylan dana,dimana jutaan uang terkumpul katanya untuk tujuan keagamaan,namun hanya Allah yang tahu tentang semua itu.
Selanjutnya hadits tersebut menyebutkan"dan AlQur'an akan dibuka" Nabi saw memberitahu kita bahwa pada akhir zaman AlQur'an akan dibuka.kita perhatikan dengan cermat kata AlQur'an akan dibuka(yuftah) dan bukan AlQur'an akan dipelajari(yudras).terbuka berarti dibuat mudah dibaca atau yersedia dimana mana.
Kemudian sekarang ini kita menyaksikan anak anak muslim sudah hafal seluruh ayat AlQur'an dalam usia yang masih belia.namun sbgian mereka tidak mempelajari maknanya.dan tidak semua orang tua menganjurkan anak2nya untuk mempelajari hukum Allah.mereka hanya menyekolahkan anak untuk menghafak AlQur'an diluar kepala.
Hadits itu kemudian menyebutkan AlQur'an akan dibaca,baik oleh orang beriman maupun kafir.Disini,Nabi saw telah meramaljan bahwa AlQur'an akan dibaca oleh nuslim ataupun non muslim.Fenomena ini sedang terjadi sekarang,namun lebih jauh lagi seseorang akan membaca AlQur'an tapi tidak mendapati orang yang menjadi pengikutnya.ini terjadi karena ia membacanya tanpa pengetahuan dan pemahaman agama.para pemimpin dewasa ini mengatakan bahwa"seseorang tidak perlu mempelajari AlQur'an dari seorang ulama". Mereka mengatakan "Bacalah sendiri AlQur'an dan Hadits".Kebanyakan orang Islqm tidak mengikuti arahan sesat itu kemudian menemukan diri mereka terasing,kemudian akan membuat ruangan dalam rumahnya untuk kepentingan agama&duduk diatas sajdahnya di depan computer.Orang modern tlah menciptakan ruang obrolan Islam dan masjid di internet. Sekarang dengan mudahnya stiap muslim bahkan kafir,membuka AlQur'an tanpa mempelajarinya.memungut stu ayat&mnjadikan landasan intuk memberikan kputusan pada sebuah kasus.bukanya untuk mncari petunjuk untuk sbuah persoalan,mereka justru memulainya dengan pndapat mereka sendiri. Kini stiap orang bisa belajar secara otodidak,menegaskan pendapatnya sendiri&menolak pendapat orqng lain.orang tdk lagi menerima nasehat&sangat fanatik dengan keyakinan masing2. Hubungan giru murid hampir hilang,padahal hubungan guru murid dalam Islam ini sangat penting bagi pendidikan Islam.hubungan guru murid merupakqn landasan untuk mwnyampaikan pengetahuan keislaman sejak turunya wahyu.
Lagipula bukankah Allah bisa saja mengukir wahyu dengan cahaya diatas langit&bisa dibaca dh mudah oleh orang2 Islam?namun Allah mmlih unuk mewahyukan AlQur'an&menyampaikanya lewat Malaikat kepada para Nabi&kemudian dari generasi ke generasi.wahyu terjadi dengan cara seperti itu bukan demgan alasan lain kecuali untuk menekankan bahwa setiap orang harus belajar dati seseorang yang lebih mengetahui. Dan ini sesuai dengan perintah Allah dalam AlQur'an: "Tanyakanlah olehmu kepada orang2 yang berilmu,jika tidak mengetahui" (Qs.Al-Anbiya:07)
Nabi saw. sendiri berkali kalienegaskan bahwa beliau belajar AlQur'an melalui malaikat Jibril,lalu beliauengajarkan kepada para sahabat,meneruskan kepada tabi'in,dan seterusnya dalam rantai tanpa putus.
Wallahu 'alam

sumber : Hamba Allah

0 comments:

 

Copyright © 2015 | created by Ahbab | abdulrahmanmalayu@gmail.com

Artikel dalam web Ini depersilahkan untuk di bagikan